Author : Ila MulyandiNo comments
Syntax Program LCD Nokia5110 Arduino Module with Adafruit PCD8544 Library
Berikut adalah standar syntax untuk melakukan programing Module LCD Nokia 5110 dengan Library Adafruit (Adafruit_PCD8544.h dan Adafruit_GFX.h)
1) display.begin();
->memulai koneksi dengan LCD
2) display.setContrast( uint8_t i );
->mengatur kontras pixel (BLACK color)
syntax : display.setContrast(50 ); // 0-100%
default : display.setContrast(40 ); // non-set value
3) display.display();
->write data buffer,disertakan akhir setiap perintah display
syntax : display.display();
Semua perintah write/print/draw/fill ke LCD harus diakhiri dengan perintah
"display.display();" agar data buffer dari perintah write/print/draw/fill dieksekusi ke LCD
4) display.clearDisplay();
->menghapus semua value/data yang ada di Screen dan Buffer
syntax : display.clearDisplay( );
3) display.setRotation(uint8_t i);
->mengatur arah Rotasi/Orientasi Layar LCD
syntax : display.setRotation(1); // 0=0° ,1=90° ,2=180° ,3=270°
default : display.setRotation(0 ); // non-set value
4) display.invertDisplay(true/false);
->membalik nilai/data buffer pixel on Screen(BLACK to WHITE)
syntax : display.invertDisplay(true);
default : display.invertDisplay(false); // non-set value
5) display.setTextSize(uint8_t i);
->setting ukuran huruf/char size
syntax : display.setTextSize(2); // 1-4
default : display.setTextSize(1); // non-set value
6) display.setTextColor(color);
->setting warna text pada layar (standar hitam)
syntax : display.setTextColor(WHITE,BLACK); //invert color
default : display.setTextColor(BLACK); // non-set value
7) display.setCursor(x,y);
->setting posisi cursor untuk memulai perintah
syntax : display.setCursor(5,10); //xPos=5,,yPos=10.
default : display.setCursor(0,0); // non-set value
8) write/print/println
display.write(i);
display.print("Hello, world!");
display.println(3.141592);
9) display.drawLine(x1, y1, x2, y2, BLACK);
->menggambar Garis lurus
syntax1 : display.drawLine (0,10,20,10,BLACK);
syntax2 : display.drawLine (0,10,20,10,1);
10) display.drawCircle(x,y,d, BLACK);
->menggambar Lingkaran (tanpa isi) // d=diameter
syntax1 : display.drawCircle (20,20,30,BLACK);
syntax2 : display.drawCircle (20,20,30,1);
11) display.drawRect(x1, y1, x2,y2, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 (tanpa isi)
syntax1 : display.drawRect (0,0,20,20,BLACK);
syntax2 : display.drawRect (0,0,20,20,1);
12) display.drawTriangle(x1, y1, x2, y2, x3, y3, BLACK);
->menggambar Segitiga (tanpa isi)
syntax1 : display.drawTriangle (0,40,30,2,80,40,BLACK);
syntax2 : display.drawTriangle (0,40,30,2,80,40,1);
13) display.drawRoundRect(x1, y1, x2,y2,r, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 (tanpa isi) dengan sudut radius/melengkung
r=radius (on pixel)
syntax1 : display.drawRoundRect (0,0,20,20,BLACK);
syntax2 : display.drawRoundRect (0,0,20,20,1);
Untuk syntak program fill sama dengan draw
14) display.fillCircle(x,y,d, BLACK);
->menggambar Lingkaran dengan isi /fill bagian dalam lingkaran // d=diameter
15) display.fillRect(x1, y1, x2,y2, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 dengan isi/fill pada bagian dalamnya
16) display.fillTriangle(x1, y1, x2, y2, x3, y3, BLACK);
->menggambar Segitiga dengan isi/fill pada bagian dalamnya
17) display.fillRoundRect(x1, y1, x2,y2,r, BLACK);
->menggambar persegi / segi 4 dengan isi/fill bagian dalamnya dengan sudut radius/melengkung
r=radius (on pixel)
Posted On : Sunday, February 5, 2017Time : 3:17 PM